Jumat, 26 Juni 2015

Terima Kasih Keluarga Pendidikan Mengabdi...

Tulisan ini kupersembahkan untuk kalian yang pernah menjadi pelengkap jalan cerita hidupku…
Sekre juang yang menyimpan banyak cerita tentang KPM

“Jadi surat pengajuan untuk aktif kembalinya gak bisa diajukan lagi,Bang?”
“ Gak bisa dek. Udah terlalu telat. Besok pagi kita udah sidang Paripurna”
Baiklah, dengan penuh keyakinan dan keteguhan sidang esok pagi pasti bisa dilalui. Walau pun tanpa Kepala Dinas yang biasanya selalu jadi kapten terdepan dalam menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan dinas ini. Yakin, semuanya akan baik-baik saja. Insya Allah...
***         
Sabtu, 20 Juni 2015, sebuah lembaga eksekutif mahasiswa FKIP Universitas Riau itu disidang oleh beberapa mahasiswa yang menjadi utusan dari himanya masing-masing. Keluarga Pendidikan Mengabdi, demikian sebutan selama ini yang kami gaungkan untuk sebutan Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP Universitas Riau. Meski tidak sebanyak 70 orang yang hadir sebagaimana yang terstruktur pada SK, sidang yang bertepatan dengan hari ke-3 Ramadhan itu tetap berlangsung.
Dimulai dengan agenda-agenda seperti pada sidang biasanya, akhirnya tibalah sesi penyidangan itu. Mahasiswa-mahasiswa sibuk melontarkan pertanyaannya terkait program kerja yang kami susun dan bagaimana aktualisasinya selama kurang lebih satu tahun kepengurusan ini. Jantung semakin tidak karuan, gelisah, sedih semua campur aduk. Bukan karena takut dihantam habis-habisan dengan pertanyaan-pertanyaan dari peserta sidang. Bukankah selama ini juga sudah terbiasa berdebat dalam perlombaan? Lalu bagaimana mungkin untuk menghadapi sidang ini tidak siap? Pikirku. Tapi ayolah, ini bukan perdebatan, ini bukan lomba debat! Jadi bersikap biasa sajalah ketika menjawab pertanyaan dari mereka. Hatiku menguatkan. Baiklah, aku akan berusaha menjawab semuanya nanti dengan tenang.
“ Kenapa SKS(Silaturahmi Kelembagaan Se-FKIP ini dihapuskan? Kok kayaknya laporan yang tertulis di LPJ ini seolah-olah BEM FKIP menyalahkan hima-hima yang tidak aktif? Seharusnya Dinas Kominfo itu bertindak untuk mengaktifkan hima-hima, bukan menyalahkan..”
“Saya mau tanya, kenapa penilaian mading itu dihapuskan? Terus untuk penilaian hima ter-update juga kenapa dihapuskan?”
“ Pengunjung blog BEM FKIP itu banyak. Apakah Dinas Kominfo yakin dari banyaknya pengunjung itu adalah mahasiswa/i FKIP?”
“Oh iya, kalau dilihat di dinding Facebook BEM FKIP itu sangat banyak hima-hima yang ng tag postingannya. Kalau menurut saya itu nyampah. Apa sebaiknya gak disaring informasi yang ditag? Atau gimana tanggapan Dinas Kominfo”
Bla bla bla sederet pertanyaan lainnya ikut terlontar…
Pelan-pelan aku berusaha menjawab semuanya dan menjelaskannya semampuku, dibantu dengan kasubdin pers, Kak Monika Eka Yulianda. Ingat, ini bukan debat ya! Jadi jawabnya selo aja Novi. Selalu ada bisikan dari dalam hati yang mengingatkan.
Baiklah, semua pertanyaan terjawab sudah. Sedikit lega, tapi justru sedih yang dirasa.
“ Dek, kok Kakak rasanya mau nangis ya?”
Aku hanya tersenyum. Sebenarnya jauh sebelum ia mengatakan itu terlebih dahulu sedari tadi aku berusaha membendung air mata. Tapi aku berusaha terlihat seolah biasa saja. Bagaimana mungkin tidak berusaha membendung air mata. Biasanya dulu yang berjumlah 15 orang, kini yang hadir di persidangan hanya 4 orang. Aku, kasubdin pers dan dua staff lainnya. Marah dan kecewa pada yang tidak hadir? Tidak. Karena aku yakin pasti ada alasan dari mereka yang tidak bisa hadir, entah itu karena kuliah atau memang kesibukan lain yang memaksa mereka untuk tidak bisa menghadapi persidangan bersama. Meskipun yang di sidang 4 orang saat itu, tapi aku yakin semangat 15 orang itu ada dalam persidangan ini. Hanya saja sedih ketika didemisioner kita tidak sama-sama berada di sini.
Satu per satu kuperhatikan keluarga KPM lainnya. Sama saja, tak ada beda. Dinas-dinas lain pun banyak yang anggotanya tidak hadir. Kemana yang lain? Aku rindu suasana seperti saat Pleno I, pleno II yang jumlahnya mungkin lebih banyak dari ini. Tapi inilah sifat lumrahnya manusia, tidak akan selamanya diam di satu tempat. Beriring jalannya waktu aka nada orang-orang yang berbelok ke jalan lain atau memilih untuk berhenti di persimpangan atau bahkan memilih untuk tidak mau tahu sama sekali. Tapia pa pun alasan mereka untuk bersikap demikian, pasti sudah dipikirkan matang-matang.
***
Minggu, 21 Juni 2015 sekitar pukul 10.00 WIB.
“…..dengan ini memutuskan mendemisionerkan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP Universitas Riau periode 2014/2015……. Pimpinan sidang I menandatangani, pimpinan sidang II menandatangani, pimpinan sidang III menandatangani……”
Hari itu Ramadhan ke-4 disaksikan tembok biru yang menglilingi peserta sidang menyaksikan bahwa kepengurusan kami telah berakhir. Alhamdulillah.. Semoga kelak di akhirat kita bisa mempertanggungjawabkannya di hadapan yang Hakim yang Maha Agung, Allah Swt.
Kuperhatikan satu per satu wajah mereka. Ada yang menahan haru, ada yang biasa-biasa saja, ada yang berusaha untuk tetap tertawa. Tapi aku yakin semuanya merasakan hal yang sama, rasa senang bercampur haru. Ya, barangkali boleh dikatakan demikian.
Aku tak banyak bicara. Hanya mengucap syukur dalam hati dan berterimakasih kepada keluarga ini karena telah mengajarkan banyak hal selama aku bergabung di sini. Mungkin ucapan terimakasih tak tersampaikan satu-satu secara langsung. Semoga, tulisan ini bisa menjadi perantara untaian terimakasih tak hingga dan maaf bagi yang pernah tersakiti untuk Keluarga Pendidikan Mengabdi BEM FKIP Universitas Riau.
Terimakasih atas ilmu-ilmu dan pengalaman yang banyak aku dapatkan selama berlayar di kapal ini..
Terkhusus untuk keluarga kecilku, Dinas Kominfo, terima kasih telah pernah menjadi bagian dari perjalanan ini. Untuk semua kekompakan, kebersamaan dan kehangatan yang kita bangun, untuk semua masalah yang pernah kita hadapi bersama. Entah di tempat lain aku akan menemukan orang-orang seperti kalian lagi atau tidak. Untuk kasubdin pers dan kasudin humas beserta para staffnya yang selalu bersemangat untuk menjalankan proker kita dengan maksimal. Terkhusus buat Kadis Kominfo, Bang Deski Permadi yang mungkin banyak-banyak sabar ngadepin sekretaris yang cerewet, kadang lalai, egois, keras kepala, banyak mintanya dan banyak kekurangan lainnya. Makasih juga udah ngajarin banyak hal gimana ngadepin dunia organisasi. Semoga ilmu dan pengalamannya berkah ya. Hehee dan maaf kalau selama ini Novi banyak salah .... ^.^
Untuk Pak Gub yang sekarang udah jadi Pak Pres, makasih atas ilmu dan pengalaman yang pernah disharing selama di KPM. Semoga di tempat yang baru sukses menjalankan amanah..
Untuk Wagub yang akhirnya jadi Plt Gubma makasih atas semua ilmunya. Maaf kalau Novinya mungkin banyak bangkang kalau disuruh ini itu dan kadang banyak keras kepalanya di organisasi hehee.... ^.^
Untuk sekum yang cerewet, rempong, tapi sebenarnya baik makasih buat ilmu-ilmunya terkhusus tentang kesekretariatan. Walau pun kadang nyebelin kalau nyuruh orang tapi Novi yakin semuanya buat kebaikan KPM. Maaf juga kalau misalnya Novi salah satu sekretaris dinas yang agak bandel ya hehee.... ^.^
Untuk buk bendum yang selalu kelihatan tenang, maaf kalau misalnya kadang Novi mendesak minta-minta uang...  :D
Untuk Geng War**til Cs(Kak Yana, Kak Romi, Bang Ditra, Inang, Bang Okta, Kak Elys, Rahel) makasih udah banyak bantuin juga dalam menjalankan agenda KPM. Walau pun beberapa di antara kalian ada yang gak masuk pengurus KPM, tapi kalian udah banyak bantuin Novi. Hari-hari di sekre pasti ngerempongnya sama kalian, walaupun akunya sering dibully. Hahahaa.. Kalau kalian besok KKN, akunya sama siapa ngerusuh di kantin samping BEM FKIP? :’D Kak Elcek pasti udah sibuk mau skripsian. Tinggallah adik kalian nan cantik jelita ini sendirian.. Hikss :’(
Untuk Kak Putri, Kak Eki, Kak Iza, Kak Ani, Kak Elsa, Bang Dhani, Bang Fauzi dan rekan-rekan Keluarga Pendidikan Mengabdi lainnya yang gak bisa disebut satu-satu di sini terimakasih telah menjadi bagian dari perjalanan organisasiku. Maaf untuk semua kata dan tingkah laku yang mungkin kurang berkenan dan menyakiti selama kita bekerja. Karena sejatinya Novi pun masih belajar dari kakak-kakak dan teman semua...  ^.^
Terimakasih, terimakasih, terimakasih karena kalian telah pernah melengkapi bagiaan perjalanan hidupku.. :’)

Selamat berpencar mencari jalan yang baru. Semoga setelah menemukan tempat yang baru tidak lupa menyempatkan diri singgah ke sekre biru dulu, semoga ukhuwah KPM tetap terjaga. Aamiin ya rabb.. :’)

Setelah ini, kemanakah aku akan melanjutkan perjalanan? Semoga di tempatkan di tempat yang tepat. Semoga di kapal yang baru membawa ilmu yang baru untuk lebih baik ke depannya..

          Regards with love,
Sekretaris Dinas Kominfo

KPM BEM FKIP UR 2014/2015


Kalau lagi nerima kunjungan ya gini :D

Ini moment pas Pekan Olahraga Mahasiswa FKIP

Inilah wajah-wajah kita di spanduk :D

Take a picture after Mawapres Talk Show

Rakor dengan DPM sebelum sidang Pleno

Ini ni jagoan dapur kalau lagi masak-masak :D

Ciyeeee orasi ciyeeee :D

Ini moment pas SKS 1

Kominfo ^.^

Lagi gotong royong pasti selalu sekum yang rempong :D

Ini pas lagi nerima kunjungan dari BEM UR

Selalu terselip kerusuhan di sela-sela agenda kita

Usai BEM FKIP Family Day

Eating Time....

Gotong royong again ^.^

Ceritanya lagi bagi-bagi bunga di Hari Guru

Ini pas nerima kunjungan dari kelembagaan lain :)

Ini pas Pleno I

This is Kominfo Department ^.^

Kalau yang narsis-narsis ya kita Kominfo orangnya :D


Ulang tahunnya sekum tapi gagal dikerjain :D

Sekum-Sekdis Kominfo-Kasubdin Seni on Debating

Moment pas di Air Terjun Kampar Kiri

Dinas Kominfo+News Producer Metro TV

Kita satu, karena kita adalah keluarga :)

3 komentar:

  1. dek.... kakak suka bacanya ....
    jadi sedih .... :(
    semoga semua yg indah saja yg kita kenang selalu ...
    sukses buat Novi, semoga jd mawapres tahun depan ya ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii iya kakak.. Alhamdulillah kalau suka :) Jangan sedih, sini sini peluk {}
      Hehee iya kak,insyaallah.. Suka duka apa pun semuanya berbalut menjadi kenangan indah dan manis..
      Aamiin aamiin ya rabb.. ^.^ Sukses kembali buat Kak Obi, selamat menjalankan amanah baru di Kabinet Sejuta Karya ;)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar..